BERBAGI DITENGAH PANDEMI

Oleh : Aforisma Mulauddin, M.E (Kepala Pendidikan Ma’had Tuhfatul Islam)

BOGOR, TUHFAH.ORG – Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan didalamnya, bulan yang disambut dengan suka cita oleh seluruh penduduk langit dan bumi. Ramadhan bulan yang penuh dengan keisitimewaan, penuh dengan harapan dan penuh dengan kemuliaan. Sehingga Rasulullah ﷺ pun memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya ketika datangnya bulan tersebut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يُبَشِّرُ أَصْحَابَهُ قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah ﷺ memberikan kabar gembira kepada sahabatnya: “Telah datang kepada kalian bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah” (HR. Ahmad dan Nasa’i)

Ramadhan pada tahun 1441 H di Indonesia kali ini memberikan cerita dan ilmu baru, ramadhan pada tahun ini kaum muslimin di Indonesia dan juga hampir seluruh di dunia menjalankan ibadah ditengah-tengah kondisi pandemi global yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sejak 11 Maret 2019 atas wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Banyak upaya dan inovasi yang telah dilakukan oleh seluruh elemen, baik dari Tenaga Kesehatan yang berjuang di garis depan untuk menanggulangi pasien yang terinfeksi maupun terdampak virus ini, Pemerintah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), memberikan panduan protokol Panduan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menekan angka korban, lalu para Ulama yang berusaha memberikan fatwa dan edukasi tentang pelaksanaan ibadah ditengah-tengah pandemi ini dengan mengedepankan keselamatan serta menjauhi mudharat agar senantiasa dapat menjalankan ibadah kepada Allah ﷻ.

Termasuk lembaga pendidikan yang berusaha untuk tetap memberikan layanan pembelajaran kepada para santri, siswa dan peserta didik lainnya dengan metode e-learning. Diantaranya Ma’had Tuhfatul Islam Adab and Qur’anic Boarding School yang baru mulai menerima santri baru angkatan pertama pada tahun ini dengan melaksanakan Test Penerimaan Santri Baru (PSB) periode gelombang ke II & III melalui media onlinedan tentunya bagi kalangan masyarakat pun yang saling melakukan upaya memproteksi diri dan keluarga dengan melakukan aktifitas dari rumah baik Work From Home (WFH) maupun Study From Home (SFH), menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta memberikan dukungan baik moril maupun materil kepada sesama.

Sebelumnya Ma’had Tuhfatul Islam Adab and Qur’anic Boarding School dalam berperan menghadapi wabah ini telah memberikan keringanan beban dalam bentuk kebijakan cashback biaya masuk dan potongan biaya bulanan bagi seluruh peserta didik, Selanjutnya Ma’had Tuhfatul Islam Adab and Qur’anic Boarding School bekerja sama dengan Yayasan Amal as-Shalih pada hari Senin, 04 Mei 2020 atau tepatnya 11 Ramadhan 1441 H berupaya memberikan sentuhan kepada segelintir elemen masyarakat muslim yang sedang melaksanakan ibadah shaum ramadhan ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini dalam bentuk hidangan berbuka puasa.

Hal tersebut mengingatkan kepada sebuah hadits yang mengabarkan tentang keutamaan bagi orang yang memberi makan kepada orang yang berpuasa.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ إِلَّا أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْ

“Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, ditulis baginya sebagaimana pahala yang berpuasa dengan tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Disamping itu berbagi ditengah pandemi merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah ﷺ sebagai tindakan protektif untuk diri sendiri dan keluarga supaya terhindar dari musibah yang melanda negeri ini dan negara di belahan dunia lainnya.

عن علي بن أبي طالب قال قال رسول الله ﷺ باكروا بالصدقة فإن البلاء لا يتخطاها

Dari Ali bin Abi Thalib berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda “Bersegeralah bersedekah, sebab musibah tidak bisa mendahului sedekah” (HR. Thabrani No. 2320)

Tentunya wabah ini sudah merupakan ketetapan dari Allah ﷻ sekaligus teguran bagi seluruh manusia untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah ﷻ, maka dari itu ditengah pandemi global yang bertepatan dengan bulan yang suci ini sudah sepantasnya seluruh kaum muslimin memperbanyak mohon ampunan kepada Allah ﷻ atas kelalaian yang mungkin telah diperbuatnya baik sengaja maupun tidak sengaja serta saling berbagi sebagai bentuk amal shalih. Semoga dengan perantara amal shalih tersebut wabah musibah pada tahun ini dapat segera diangkat oleh Allah ﷻ agar dapat menjalankan aktifitas sebagaimana sedia kala. Aamiin.

Kegiatan Berbagi Takjil di Masjid Al-Ikhlas Ma’had Tuhfatul Islam