Oleh : Ustadz Abdul Gafur Abdullah, S.Pd (Kepala Divisi Kurikulum dan Bahasa)

Segala puji bagi Allah swt Rabbul a’lamin yang telah menurunkan alquran dengan bahasa arab dan menjadikan bahasa arab bahasa persatuan kaum muslimin seluruh dunia.

Shalawat dan salam kepada qudwah hasanah kita rasulullah saw yang allah swt jadikan bahasa kaumnya bahasa paling kaya di dunia dan bahasa yang di gunakan untuk memahami perkara perkara agama.

Pembaca yang budiman, Bahasa arab merupakan bahasa muslimin seluruh dunia, bahasa persatuan, bahasa denganya rasulullah saw dan para sahabat berinteraksi, bahasa denganya alquran di turunkan dan bahasa penduduk surga.

Pembaca yang budiman, akhir akhir dekada ini penggunaan bahasa arab semakin banyak peminatnya itu terbukti dengan banyaknya lembaga lembaga yang menawarkan  pembelajaran khusus bahasa arab.

Bahasa arab sudah menjadi bahasa yang banyak di gemari oleh anak-anak muda terbukti dengan banyaknya pesantren pesantren yang menjadikan bahsa arab program unggulan, begitu pula dengan jenjang kuliah yang menerapkan bahasa arab sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar.

Pembaca yang budiman, namun hal itu tidaklah berjalan dengan mulus semulus ulasan yang telah di paparkan tadi.

Akhir akhir ini ada sebuah statement yang mengatas namakan bahasa arab dan agak menyudutkan bahasa arab sehingga siapa saja yang belajar bisa menimbulkan sebuah dugaan bahwa orang itu terpapar virus, virus apakah itu ? anda lebih tahu “ setiap orang yang benar pasti akan mengerti “ (perkataan arab)

Ini merupakan sunnatullah yang pasti akan terjadi karena setiap sesuatu yang mencapai kesempurnaan pasti akan di cerca di tuduh dan di lecehkan jangankan bahasa allah swt, malaikat, dan rasulullah pun di ejek sebagaimana di sebutkan dalam alquran, allah swt berfirman

وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ يَدُ اللّٰهِ مَغْلُوْلَةٌ ) المائدة 64 (

Artinya: Dan orang-orang Yahudi berkata, “Tangan Allah terbelenggu.” ( Al-Maidah : 64 )

 

Pembaca yang budiman, jauh sebelum imdonesia merdeka orang orang muslim arab telah menyebarkan agama islam di indonesia sekaligus memperkenalkan sedikit demi sedikit kosa kata dalam bahasa arab, ini artinya bangsa Indonesia sudah tahu bahasa arab dan langsung mempraktikkanya, ini terbukti dari kosa kata yang ada dalam bahasa Indonesia seperti kursi, imam, masjid, dan masih banyak lagi. Apakah bisa kita katakan nenek moyang kita terpapar virus ??? jawabannya hanya anda yang tahu..

Mari berangan angan…seandainnya ada orang mengatakan nenek moyang kita dulu terpapar virus karena belajar bahasa arab, maka saya pastikan hidupnya tidak lama lagi, atau orang pasti mengatakan anti NKRI.

Pembaca yang budiman, ingatkah anda dahulu ketika islam Berjaya di eropa dan berada di bawah kekuasaan para mujahidin, banyak dari orang eropa berbicara menggunkana bahasa arab bahkan ada yang belajar bahasa arab, lantas apakah anda akan mengatakan orang orang eropa itu terpapar virus ???

Seorang pepatah mengatakan orang yang tertinggal pasti akan mengikuti orang yang telah maju artinya apa, dahulu ketika islam Berjaya semua yang berada dalam komando bendera islam berinteraksi menggunakan bahasa arab itu menandakan bahasa arab sudah maju dan berkembang.

Seandainya kita telusuri lebih jauh tidak pernah kita dengar  satupun orang   dari orang eropa yang mengatakan “jangan belajar bahasa arab karena itu biang dari virus itu tersebar”. Ittaqillah wahai saudaraku, jangan pernah anda katakan seperti itu.

Bahasa arab adalah bahasa yang mulia, bahasa yang di ucapkan langsung oleh allah swt, bahasa yang di ucapkan langsung oleh malaikat jibril kepada rasulullah saw, bahasa yang di gunakan rasulullah saw untuk berinteraksi dengan para sahabat, bahasa yang di gunakan penduduk surga untuk berinteraksi, otomatis orang yang menyudutkan dan melecehkan bahasa arab sudah barang tentu melecehkan allah swt, rasulullah saw, malaikat dan kaum muslimin.

Pembaca yang budiman, hindarilah hal hal seperti ini jauhilah kegaduhan yang tidak ada mamfaatnya ini, karena ini merupakan syiar atau ajaran allah swt, sedangkan allah swt 14 abad lamanya telah menegaskan akan selalu menjaga syiar syiarnya dan mau tidak mau bahasa arab yang menjadi syiar allah swt akan selalu tinggi dan kokoh rasulullah saw bersabda

الإِسْلَامُ يَعْلُوْ وَلاَ يُعْلَى عَلَيْهِ

Artinya: sesungguhnya Islam itu mulia/tinggi tidak ada agama yang lebih tinggi daripadanya

Pembaca yang budiman, orang yang belajar bahasa arab pada intinya dia sedang belajar mengucapkan bahasa nabinya yang dicinta, karenanya tidak afdhal  rasanya bagi siapa yang belajar agama kalau belum paham bahasa arab, ibarat makanan tanpa garam tidak akan terasa enaknya.

Karena kebanyakan hukum hukum islam bersumber dari bahasa arab kemudian lambat laun di terjemahkan dalam berbagai macam bahasa sehingga orang mudah memahi perkara agama.

Tercatat bahasa arab adalah bahasa yang paling kaya dan paling banyak kosa katanya di setiap huruf pun berbeda makna artinya bahwa apabila hurufnya berbeda berdeda pula penafsirannya, begitu juga jika terdapat dalam salah satu kalimat ada yang di tambah akan berbeda pula maknanya seorang ahli dalam bidang bahasa arab mengatakan

إٍذَا زَادَتِ الْحَرْفُ زَادَتِ الْمَعْنَى

Artinya: apabila bertambah huruf bertambah pula maknanya

Pembaca yang budiman, kalau di lihat dari segi keotentikannya dan keindahan maknanya bahasa arab memiliki beberapa  cabang ilmu seperti balagah dan syair (arudh).

Seperti halnya belajar balagah pasti kita akan menemukan apa yang di namakan dengan ilmu badi’ yang bermakna suatu ilmu yang dengannya dapat di ketahui bentuk bentuk dan keutamaan keutamaan yang dapat menambah nilai keindahan dan estetika suatu ungkapan, membungkusnya dengan bungkusan yang dapat memperbagus da memperindah ungkapan itu.

Ilmu badi’ ataupun yang sejenisnya tidak akan anda dapati kecuali di dalam bahasa arab inilah mengapa bahasa arab memiliki keistimewaan yang berbeda, begitupun ketika anda belajar ilmu syair atau arudh tidak akan anda dapati kecuali di dalam bahasa arab.

Pembaca yang budiman, di antara keistimewaan yang lain adalah bahasa arab juga di sebut dengan bahasa dhad, kenapa ? karena merupakan satu satunya bahasa di dunia yang memuat huruf dhad yang tidak akan anda jumpai kecuali di bahasa arab.

Keistimewaan yang lain adalah Sintaksis apa itu sintaksis ? sintaksis adalah suatu unsur dalam bahasa arab yang tidak mungkin terlepas dari hal tersebut karena merupan unsur yang terkuat dari bahasa arab, merupakan perubahan tata bahasa kata setelah terjadinya perubahan faktor faktor yang memasukinya.

Dan masih banyak lagi keistimewaan dari bahasa arab yang mungkin penulis hanya bisa menyebutkan beberapa butir saja yang pada intinya adalah bahasa arab adalah bahssa alquran karim dan tidak pantas seorang yang mengaku mukmin menyudutkan dan mengejek agama rasulnya sendiri.